ads2

ads3

Keindahan Pantai Walakiri, Sumba

 


Kesan pertama pada Pantai Walakiri adalah tentang hamparan pasir putih, deretan pohon kelapa dan cemara di pesisir pantai. Juga kesan kuat muncul dari kombinasi unik antara  biru laut serta pohon bakau (mangrove) yang membentang di sebelah barat pantai.

Di Pantai Walakiri, pengunjung bisa berjalan menyusuri hamparan pasir putih yang ditemani dengan lambaian pohon kelapa di sekitar tepi pantainya. Air laut yang biru, bersih dan jernih, sangat cocok untuk pengunjung yang gemar berenang.

Berbeda dengan pantai-pantai lain di Sumba Timur yang biasanya sangat sepi, pantai ini cukup ramai karena banyak pemukiman warga di sekitarnya. Pengunjung dapat menemukan warung-warung kecil yang menjual makanan ringan dan minuman.

Saat menginjakkan kaki di sana, mungkin terasa tidak ada yang istimewa. Namun apabila saat surut panorama Pantai Walakiri akan terasa sangat indah. Pohon bakau dan jajaran kelapa akan memberi keteduhan dan suasana nyaman saat pengunjung berjalan di tepian pantai.

Lokasi Pantai Walakiri

Pantai Walakiri, secara administratif berada pada wilayah Watumbaka, Pandawai, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur.

Lokasi ini Berada tak jauh dari pusat Kota Waingapu yaitu sekitar 24 km dan dapat ditempuh sekitar 30 menit perjalanan.

Rute Menuju Pantai Walakiri

Akses menuju Walakiri sangatlah mudah. Yaitu berada tak jauh dari jalan raya menuju arah Melolo, sebuah kecamatan yang cukup besar di Sumba Timur. Pengunjung dapat menyewa motor/ mobil dari Waingapu untuk menuju ke Walakiri dikarenakan susahnya transportasi umum dalam kota di Sumba.

Letak Pantai Walakiri tidak jauh dari pusat Kota Waingapu, yaitu sekitar 1 jam perjalanan. Jika keberangkatan dimulai dari Kota Waingapu, maka bisa menuju ke arah timur laut menuju Kambajawa, kemudian akan melewati Jl Adam Malik dan belok kiri menujuJl. Prof. Yohanes ke Jl. R. Suprapto/Jl. Sutomo di Prailiu.







Daya Tarik Pantai Walakiri

1. Aktivitas Pantai


Air laut di pantai ini bening dan bersih, ditambah dengan ombak yang tidak besar sangat cocok dijadikan tempat berenang. Untuk berenang di Pantai Walakiri wisatawan harus melakukannya di pagi sampai siang saat laut pasang.

Jadi ketika berencana berenang di pantai ini, usahakan datang pagi hari dan jangan lupa membawa perlengkapan renang, karena ditempat ini belum dijumpai penyewaan alat renang.

Salah satu Keunikan dari Pantai Walakiri adalah dua jenis tekstur pasir yang berbeda. Kedua jenis pasir adalah antara pasir di tepi pantai dan pasir bekas air laut yang surut.

Pasir di tepi pantai memiliki tekstur seperti pasir pantai pada umumnya, yaitu butiran-butiran berwarna putih gading, sedangkan pasir di area bekas laut yang surut memiliki tekstur seperti bedak atau semen basah yang kemudian kering dan mengeras.

Uniknya lagi, ada garis batas yang jelas antara kedua jenis pasir tersebut.

2. Spot Sunset











Saat berlibur ke pantai, tentu menanti sunset adalahs alah satu hal yang ditunggu-tunggu oleh pengunjung. Selain tentunya soal pasir putih dan kejernihan lautnya . Pantai Walakiri ini merupakan spot yang tepat untuk menikmati sunset.

Perpaduan cahaya matahari yang indah ditambah dengan kondisi atau suasana pantai yang menenangkan. Kombinasi 2 hal itu memaksimalkan rasa nyaman pengunjung pada saat menikmati fenomena alam ini.

Satu hal yang pastinya tidak boleh dilewatkan adalah pemandangan matahari ketika terbenam di mana perpaduan antara langit senja dan siluet pohon mangrove terlihat begitu cantik dan artistik. Semburat jingga perlahan digantikan oleh gelap, sekejap mata Pantai Walakiri berubah bak lukisan dengan pohon mangrove sebagai modelnya.

3. Pohon Mangrove



Di saat air surut, pengunjung akan dengan mudah mendapatkan penampakan pohon mangrove yang ada di bibir pantai tersebut. Pengunjung  bisa menghampiri pohon tersebut, dan bisa juga menjadi mengambil salah satu konten foto maupun video yang menarik.

Pengunjung bisa berjalan jauh dari tepi pantai  seraya menikmati keindahan mangrove lebih dekat, mangrove di sana ada yang besar dan kecil. Uniknya mangrove yang kecil, rantingnya kecil-kecil dan daunnya belum terlalu rimbun, rantingnya meliuk-liuk seakan-akan pohon mangrove ini sedang menari.

Karena dari bentuk pohonnya yang unik, menambahkan unsur artistik dari hasil foto yang diambil. Seperti menggambarkan sebuah keindahan alam yang memilki karakter kuat. Hal itu diperkuat dengan pengaruh cahaya yang ada di lokasi pantai walakiri.

Ranting pohon itu tumbuh tidak lurus, tapi meliuk-liuk. Kala air laut surut, panorama pohon mangrove terlihat makin maksimal. Perpaduan suasana air laut yang surut dengan pohon mangrove menyajikan pemandangan yang sangat-sangat menawan.

Jadi bagaimana dengan informasi seputar Pantai Walakiri di atas? Semoga bisa menjadi panduan yang berguna pada saat kamu berkunjung ke pantai Walakiri, Sumba nih.

Walaupun sudah bermain-main serta bersenang-senang di pantai walakiri ini, alangkah baiknya kita tetap menjaga kebersihan dari pantai ini. Karena akan sangat disayangkan sekali apabila keindahan pantai ini akan hilang akibat sampah yang menumpuk.

Selalu jaga kebersihan tempat ini dan selamat beraktifitas.

LihatTutupKomentar

ads1

close